Sejarah Kapal San Juan

Sejarah Kapal San Juan

———————————

Kapal San Juan merupakan salah satu dari kapal perang Jepang yang dibangun berdasarkan model kapal layar barat. Naman San Juan diambil dari kata San Juan Bautista atau dalam bahasa Indonesia berarti Yohanes Pembabtis. San Juan dalam bahasa jepang disebut sebagai Date Maru (伊達丸?) . Kapal San Juan Bautista  menyebrangi Samudra Pasific pada tahun 1614 dibawah pimpinan Hasekura Tsunenaga dengan misi untuk menemui Paus Paulus V di Roma. Misi diplomatik ini dilakukan dengan mengikut sertakan biawaran Spanyol bernama Luis Sotelo. Setelah rombongan Hasekura tiba dengan selamat di koloni Spanyol di Meksiko, kapal San Juan Bautista melakukan perjalanan pulang ke Jepang.

Di Jepang kapal San Juan dikenal dengan nama kapal dagang Nanban (南蛮船 Nanban-sen?) arti harfiah: kapal orang barbar dari selatan. Kapal San Juan dibangun pada tahun 1613 atas perintah Daimyo Sendai Date Masamune di pelabuhan Tsuki – No- Ura, (Ishinomaki, Prefektur Miyagi). Proyek kapal San Juan Bautista dimulai setelah mendapat persetujuan dari pemerintah Keshogunan Tokugawa di Edo.

Pembuatan kapal San Juan dikabarkan dibangun dalam waktu 45 hari oleh teknisi ahli dari keshogunan dengan jumlah tukang kapal 800 orang , pandai besi 700 orang dan tukang kayu sebanyak 3.000 orang. Pekerjaan pembuatan kapal San Juan dibantu olej 2 orang Spanyol yaitu biarawan Luis Sotelo dan nahkoda Spanyol Sebastian Vizcaino.

(dikutip dari http://id.wikipedia.org).

Komentar

Lucie bilang:

Jul19 kalo untuk bus Po. RAYA ada ga??qo saya liat di tampilan web anda ga ada ya??kalo ada tnloog kirimin gambarnya ke email saya dunk,,saya minat banget,,wahyu


Isi Komentar Anda

Nama Lengkap
Email
Komentar
  Refresh CAPTCHA Image
Kode Captcha